Header Ads

Cara Menanam Anggur dari Biji

Nah, kali ini Bopenk ingin bercerita dan berbagi hal yang berkaitan dengan tanaman. Walau gini-gini, sebenarnya Bopenk hoby banget dengan yang namanya tanaman.. Selain membuat betah dirumah, yakinlah bercocok tanam membuat hati gelisah menjadi tenang dan tentram. Apalagi jikalau tanaman yang kita rawat bisa menghasilkan uang, minimal buat jajan la..

Koleksi tanaman BopenK tidak hanya tanaman bunga saja, bahkan bisa dibilang saat ini Bopenk mulai mengurangi jenis tanaman bunga. Bukan karena tidak suka, tp lebih kepada minimnya lahan, maklum saja, hanya pekarangan rumah yang tak seberapa. 

Beralih dari tanaman bunga, Bopenk mulai menggeluti hoby baru, yaitu bonsai,. ternyata dan ternyata, bonsai itu lebih menantang, penghayatan dan penjiwaannya cukup dalam,. bukan hanya sekedar tanam, siram, dan pupuk saja. tapi, bla...bla...bla.. kapan-kapan boleh la kita bahas masalah Cara Menanam Bonsai, ataupun Cara Mencari Bonsai di Alam. 

Selain bonsai, Bopenk jath cinta dengan Tanaman Buah Dalam Pot atau biasa disebut TABULAMPOT. Hoby ini lebih menggembirakan, khususnya saat-saat panen buah dengan memetik sendiri dari pekarangan rumah. 

Sejak dua tahun lalu, bopenk mulai mengkoleksi tanaman-tanaman luar negeri yang masih belum lazim ada di Indonesia, diantaranya Tin, Zaitun dan Anggur dengan beberapa varietas. Saat ini bopeng sudah punya lebih dari 10 varietas anggur dari berbagai habitatnya di berbagai dunia.  

Pada postingan kali ini, bopeng ingin sedikit menceritakan pengalaman bopenk, pada awal mula mencintai pohon anggur, Saat itu bopeng beli buah anggur dari supermarket, dan setelahnya ternyata terkumpul banyak biji anggur. Karena saat itu bopenk baru mulai mencintai tambulapot, akhirnya tersirat ide untuk menyemainya. 

Dari pengalaman penyemaian biji anggur yang bopenk lakukan, bopenk menyimpulkan, secara pengalaman pribadi, ternyata beberapa cara yang banyak dijabarkan di internet sebenarnya tidaklah begitu efektif. Bisa saja, karena sebab postingannya hanya sekedar kopas dan tidak hasil pengalaman pribadi dan ataupun cara yang disarankan biar terlihat sedikit unik, padahal menurut bopeng malah lebih berisiko dengan kegagalan semai.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam menyemai biji anggur, dan bopenk merasa hal ini sangat mungkin dan sangat berguna. maka bopeng sarankan membaca postingan dari web lain seperti grapestutorial.com. Dalam salah satu postingannya dengan judul Jangan Menanam Anggur Dari Biji, Kecuali..

Penjabarannya logis dan sesuai dengan pengalaman bopenk. jadi bopenk sarankan lebih baik dibaca terleih dahulu postingan tersebut. Bila pengecualiannya sudah terpenuhi, maka lakukan langkah-langkah Cara Menanam Anggur dari Biji ala Bopenk ini.

Pertama : Pilih biji anggur dari jenis anggur berbiji, 

wah apa pulak ni..??? hehehehe, sebagai ilustrasi mudah, pernahkan makan semangka..?? nah semangka ada jenis yang berbiji dan ada jenis yang tidak berbiji dan walaupun demikian, semangka yang tidak berbiji masih belum tentu tidak berbiji.

Begitu juga halnya anggur, ada jenis yang tidak berbiji, contohnya seperti Maroo seedless. Untuk membedakannya, biasanya dalam kemasan Anggur, khususnya yang bopenk tau anggur yang di import dari USA akan tertera dalam kemasannya SEEDLESS atau SEEDED. Seperti contoh pada gambar dibawah ini, merupakan jenis anggur merah yang berbiji.

Kemasan Anggur berbiji

okelah, selanjutnya lakukan tahap berikutnya..

Kedua : Pilih Biji Anggur Sehat dan Berisi

Untuk hal ini, sepertinya tidak perlu terlalu dijelaskan, secara visual saja kita sudah akan mengetahui biji anggur yang sehat dan berisi. Untuk yang masih benar awam, cara mudahnya adalah dengan merendam biji kedalam air. yang tenggelam adalah yang berisi, dan yang mengapung berarti kosong.

Ketiga : Cuci Bersih Biji yang Terpilih

Cuci biasa saja sambil di elus-elus sampau tidak lagi terasa lengket atau berlendir. 

Keempat : Angin-anginkan biji di tempat teduh

Bopeng juga belum terlalu yakin apakah ini bermanfaat atau berpengaruh,. tapi kebiasaan bopeng ya selalu begini dan berlaku untuk segala jenis biji. seperti cabe, terong, timun dan lainnya yang pernah bopeng semai. Tapi yang jelas, gunanya untuk mengeringkan biji agar bisa disimpan dalam jangka waktu lebih lama. 

Kelima : Siapkan Media Semai, dan Semai Biji

Untuk media semai, gak usah terlalu repot, intinya gunakan saja apa yang ada dipekarangan dengan ketentuan harus pros air. Pada Saat penyemaian, usahakan media selalu dalam kondisi lembab dan tidak basah atau kering. Cara bopeng, rutin penyiraman, tetapi dengan cara penyemprotan dan sebatas lembab di permukaan.

Keenam : Tambahan

Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pertumbuhan bisa tidak serentak.
  • Bila dipandang perlu gunakan fungisida untuk media maupun biji. 
  • Letakkan medi semai di tempat teduh dan sedikit remang.
  • Saat biji mulai berkecambah, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari pagi


GARIS BESARNYA, KESUKSESAN MENANAM ANGGUR DARI BIJI ADALAH DENGAN MENJAGA MEDIA TANAM AGAR TETAP STERIL DAN LEMBAB.
Baiklah, gitu aja, klu ada pertanyaan boleh la kita diskusikan..

Pertanyaan : Klu pengalaman pribadi mana foto-fotonya bopenk..??

Jawab bopeng : Maaf om, ni pengalaman 2 tahun lalu, gak niat nulis dblog dulu, jadi ya gak ambil foto2nya.

Pertanyaan : Sekarang gimana kondisi pohon anggurnya, apa sudah berbuah..??

Jawab bopenk : Sudah dibuang sejak setahun lalu, jadi sekarang bopeng hanya menyemai anggur dengan cara stek batang saja. alasannya, baca aja om di web yang sudah bopeng link-kan di atas di grapestutorial.com

Tidak ada komentar