Header Ads

Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Touchpad” merupakan perangkat yang bekerja dengan “sentuhan”. Pada laptop, touchpad merupakan komponen penting untuk menggantikan fungsi mouse. Berikut ini beberapa kutipan dari artikel-artikel yang khusus membahas tentang cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi.

Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


1. Touchpad di-disabled (dinon-aktifkan).

Pada beberapa laptop, terdapat fungsi untuk menon-aktifkan fungsi dari touchpad, coba perhatikan pada laptop Anda apakah ada tombol khusus yang bergambar (icon) mirip bentuk touchpad seperti gambar dibawah ini. 


Solusinya adalah mengaktifkan kembali dengan cara menekan tombol Fn+F7 (Disesuaikan dengan posisi tombol pada laptop Anda).


Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


2. Driver touchpad belum ter-install atau belum ter-update.

Saat sistem operasi baru saja diinstall ulang atau memformat partisi sistem operasi yang lama dan menginstall sistem operasi yang baru ataupun sistem operasi baru di-update, kemungkinan terjadi ketidak-sesuaian antara driver yang terinstall dengan sistem operasi dan hardware. Karnaya bisa saja driver touchpad tidak sesuai menyebabkan touchpad menjadi tidak berfungsi.

Untuk melihat apakah driver touchpad sudah ter - install dengan benar atau belum bisa dicek dengan melihat pada Device manager
.>>> Buka run dengan cara Tekan tombol Windows + R, Kemudian ketikan devmgmt.msc, lalu tekan enter, jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti ini :


Kotak berwarna merah menunjukan bahwa driver Touchpad saya sudah ter install dengan benar.

Solusi Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi karena ketidak sesuaian driver adalah dengan cara menginstall ulang driver. Berikut ini beberapa driver beberapa type dan merk laptop untuk OS tertentu. Untuk mendowload desesuaikan dengan Operating System yang digunakan type touchpad/type dan merk laptop.
Berikut ini link untuk download driver dan update untuk merk-merk Laptop.

Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

3 Kerusakan atau kesalahan pada sistem operasi (misalnya Windows)

Kemungkinan selanjutnya adalah masalah pada sistem operasi, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi sistem operasi dalam kasus ini, diantaranya.

Virus
Virus komputer beresiko menginfeksi/merusak file system yang dapat menyebabkan kegagalan system, menyebabkan kegagalan sistem operasi dalam mengendalikan perangkat keras seperti touchpad.

Solusi Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi karena Virus adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus dan mengistall ulang driver. 

Registry
Registry merupakan database utama yang menyimpan semua data mengenai konfigurasi sistem operasi termasuk software yang terinstall. Kesalahan pada salah satu nilai pada registry dapat menyebabkan ketidaksesuaian fungsi suatu aplikasi termasuk kemampuan sistem operasi mengenali perangkat keras.

Solusi Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi karena kesalahan registry dengan cara Scan registry, Perbaiki (fix) registry, kemudian Restart laptop. Beberapa Aplikasi untuk me-scan registry diantaranya:

CCleaner  Download CCleaner 5.22.5724

Hardware

Kemungkinan terakhir adalah kerusakan pada hardware touchpad. 

Solusi Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi karena kerusakan hardware adalah dengan cara mengganti hardware touchpad.


Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Penyebab kerusakan Hardware Touchpad

Putusnya kabel touchpad.
Beberapa hal yang bisa menyebabkan putus mungkin karena perakitan di pabrik atau waktu service sebelumnya yang memasang kurang pas.

Karena Debu
Solusi Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi karena debu, bisa membongkar laptop dan membersihkannya. untuk menjaga tutup atau lipat laptop sewaktu tidak digunakan untuk menghindari masuknya debu melalui celah-celah kecil.

Korsleting arus pendek pada MotherBoard
Korsleting atau arus pendek atau bisa juga adanya aliran listrik yang tidak wajar. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena penggunaan laptop pada tegangan yang tidak stabil, laptop tersiram air, atau bisa juga disebabkan karena komponen laptop atau notebook yang kurang bagus.

Magnetik Touchpad lemah
Touchpad yang terdapat pada laptop terdapat sistem magnetic yang berfungsi untuk mengenali sentuhan tangan manusia agar bisa menggerakkan kursor. Magnetic pada touchpad bisa melemah seiring dengan usia laptop dan juga penggunaannya. Solusinya mengganti hardware.

Touchpad banyak goresan
Untuk kondisi yang terakhir ini, biasa terjadi karena hal-hal yang tidak wajar, dan touchpad yang mengalami kerusakan karena sebab ini solusinya hanya mengganti touchpad. 

Demikian bopenk kisahkan semoga bisa sedikit membantu permasalahan terkait dengan Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


Berikut ini video dari youtube untuk cara Membuka touchpad laptop untuk merawat ataupun menggantinya. Video ini karya  SMKN 5 Kab.Tanggerang.

Tidak ada komentar