Header Ads

VR headsets Terbaik Tahun 2018 untuk Mobile

Kacamata Virtual Reality atau yang biasa disebut VR adalah teknologi kacamata 3D yang mampu menghasilkan gambar layaknya gambar yang seakan-akan real/nyata. Pada awalnya kemunculannya, VR headsets ini sudah disambut dengan baik oleh konsumen dikarenakan virtual reality efek yang memanjakan sipenggunanya.

Perkembangan teknologi ini sudah mengalami kemajuan yang sangat cepat. Terbukti dengan banyaknya vendor besar yang memproduksi  VR headsets dengan berbagai banyak fitur dan harga yang bersaing.

VR headsets Terbaik Tahun 2018

Kali ini Bopenk akan merangkum VR headsets Terbaik Tahun 2018. Terbaik menurut versi Bopenk karena Kualitas dan kesesuaian harga tentunya. 

VR headsets Terbaik Tahun 2018 untuk Mobile

Samsung Gear VR

Samsung Gear VR
Sumber : http://www.samsung.com/global/galaxy/gear-vr/

Header mobile VR terbaik adalah Samsung Gear VR ($ 129). Gear VR sangat eksklusif untuk sejumlah perangkat Samsung Galaxy saja, termasuk S7 dan S7 Edge. Hal ini bisa dilihat sebagai kekurangan, namun juga merupakan suatu kelebihan. Hal ini karena Samsung Gear VR hanya kompatibel dengan handset kelas atas yang berperforma tinggi, pengalaman menggunakan perangkat ini dapat dipastikan sangat memuaskan.

Jumlah konten yang dimiliki Gear VR hanya terbatas pada konten yang tersedia di Oculus Store saja. Namun tetap saja hal ini dianggap sebagai suatu keunggulan, karena semua konten dipastikan akan terasa immersive, dan banyak game dengan grafik berkualitas tinggi yang bisa dimainkan.

Keunggulan lainnya dari  Samsung Gear VR adalah desainnya, secara keseluruhan lebih nyaman digunakan. Dilengkapi dengan strap untuk diikatkan ke kepala dan bantalan empuk yang mengitari sepasang lensanya. Tidak kalah penting, pengguna yang berkacamata juga tetap bisa menggunakannya dengan nyaman karena pengaturan fokus lensanya bisa disesuaikan.

Dilengkapi dengan sebuah touchpad dan sejumlah tombol semakin menyempurnakan pengalaman menggunakanVR ini. Dengan adanya kontrol pengguna tinggal mengusap touchpad, dan gesture saat sedang bermain game. Dibekali dengan slot lensa yang menjadi tempat micro USB dan samsung juga mengungsung layar super AMOLED untuk Gear VR ini

Harganya yang terjangkau kian mendukung premis tersebut, apalagi VR headset ini kompatibel dengan banyak smartphone. Semakin banyaknya jumlah video 360 derajat, baik di YouTube atau Facebook, juga bisa menjadi alasan mengapa VR wajib dimiliki pengguna smartphone.

Untuk Virtual reality dalam wujud yang portable dan nirkabel, Gear VR adalah pilihan terbaik, apalagi kalau smartphone yang Anda pakai adalah Galaxy Note 5, S6, S6 Edge, S6 Edge+, atau malah S7 dan S7 Edge.

Pada dasarnya, tagline “Powered by Oculus” yang diusung Gear VR bukan gimmick semata. Oculus sepertinya benar-benar mengoptimalkan Gear VR semaksimal mungkin, dan itu bisa dilihat dari variasi konten bermutu yang tersedia untuk Gear VR.


Oculus Akan Rilis VR Headset Nirkabel Tahun 2018

Dilansir dari Liputan6.com, Pada tahun 2018 Oculus berencana merilis virtual reality (VR) headset nirkabel. Headset yang diberi nama Pacific ini serupa dengan Samsung Gear VR dan Google Daydream View. Bedanya, Pacific tidak akan membutuhkan smartphone.

Pacific akan dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon. Rencananya headset nirkabel ini akan dijual lebih mahal dari VR headset biasanya. Oculus akan menjualnya seharga $200 atau sekitar Rp 2,6 juta.

VR headsets Terbaik Tahun 2018 untuk Mobile

BoboVR Z4 Mini
BoboVR Z4 Mini
BoboVR Z4 Mini

VR headsets Terbaik Tahun 2018 untuk Mobile berikutnya adalah BoboVR Z4 Mini. Gambar yang dihasilkan cukup nyata karena menggunakan teknologi japanese optical lens sehingga mampu membuat gambar seakan-akan nyata dilihat oleh mata kamu. Bahan yang digunakan sangat mulus dan rapi, mampu membuat orang-orang kagum ketika melihat VR ini secara langsung. Fitur dari VR yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan bluetooth handle optional yang sudah support 3.0 dan akan mengasikan sekali ketika kamu sudah menggunakan VR ini. Harga dari VR ini cukup murah, hanya sekitar Rp. 450-600 ribuan saja kamu sudah bisa mendapatkan pengalaman dan sensasi menggunakan virtual reality ini.

Spesifikasi BoboVR Z4 Mini

Lensa
Menggunakan lensa kualitas tinggi berukuran 35mm PMMA yang mana memiliki pandangan yang jelas dan tajam diseluruh lensanya. Lensa ini juga adjustable diopter maupun IPD dengan range antara 00 – 8000 miopi dan 00 – 4000 hyperopia, sehingga anda tidak perlu memakai kacamata.

Kenyamanan
Termasuk headset yang nyaman ketika digunakan, walaupun beratnya hampir setengah kilo (yaitu 418gram) tetapi tidak terasa berat ketika anda memakainya karena disetiap sisi terdapat busa yang membuat headset lengket dengan kepala anda. Anda juga tidak perlu khawatir wajah anda berkeringat atau semacamnya sehingga membuat gambar “blur” atau sebagainya, karena BoboVR Z4 Mini di desain secara ergonomis dengan banyak ventilasi di samping kanan kiri dan atas bawah. Tempat menaruh ponsel anda pun amat kuat sehingga anda tidak perlu khawatir ponsel anda terjatuh.

Headstrap
Untuk tali yang mengikat ke kepala milik BoboVR Z4 mini ialah headstrap yang standar tiga tali dengan bahan yang elastis dan nyaman.

Fields Of View (FOV)
Yang menjadi daya unggul atau nilai lebih dari BoboVR Z4 Mini ini adalah FOV yang dimilikinya. Headset ini mempunyai FOV sebesar 120°. Walau bukan angka yang valid, karena masih bergantung dengan lensa, mata, dan yang paling utama ukuran ponsel yang digunakan.

Tidak ada komentar