Header Ads

Cara Membuat Website Buat Pemula

sumber gambar : hostingfacts.com



Saya akan menjamin, kamu sudah berada di tempat yang tepat untuk belajar cara membuat website! 

Di halaman ini bopenk akan jelaskan rahasia cara mebuat membuat website sampai selesai dengan bahasa yang sangat sederhana agar bisa dipahami oleh pemula. Setelah kamu baca  sampai habis berharap kamu bakal lebih percaya diri untuk memulai membuat website sendiri. 

Cara Membuat Website Buat Pemula 


Memilih Platform

Menggunakan CMS (Content System Management) : Sistem manajemen konten merupakan tool pengembangan tingkat lanjut yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola website beserta kontennya. Terkait CMS, ada tiga pilihan terkemuka di pasaran, yaitu WordPress, Drupal, dan Joomla! Ketiga tool ini bersifat gratis dan open-source, tetapi WordPress-lah CMS yang paling sering digunakan. 

Ketiga sistem ini telah dikembangkan menggunakan PHP, memanfaatkan penggunaan template/tema untuk kustomisasi visual, dan disukai oleh banyak komunitas. Walaupun demikian, Joomla! dan Drupal tidak bisa dibandingkan dengan WordPress dalam hal kegunaan, kemudahan, ketahanan, banyaknya komunitas dan ketersediaan tema dan plugin gratis, dan lain-lain. Bagi mereka yang sedikit atau sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam pengembangan web, maka WordPress adalah pilihan yang tepat.

Menggunakan website builder

Otomatisasi semakin terwujud dengan adanya website builder. Pada awalnya, opsi kustomisasi terkait fungsionalitas dan desain sangatlah terbatas. Namun sekarang, ada banyak sekali yang bisa Anda dapatkan dengan drag dan dropping menggunakan website builder modern. Apabila dibandingkan dengan CMS dan pengodean website yang harus dilakukan dari dasar, tool website builder sangat cepat, efisien, dan bisa dibilang pilihan jitu bagi siapa pun yang tidak memiliki pengalaman dalam pengembangan website dan juga tak ingin menghabiskan waktu menerapkan tahap-tahap dan proses pengembangan.

Membuat kode untuk pembuatan website dari nol: Opsi ketiga yang tersedia adalah membuat website dari awal. Idealnya proses ini ditujukan bagi para pengguna yang setidaknya sudah memiliki pengalaman dasar pengembangan. Di tutorial ini, teknologi yang digunakan untuk membuat website statis adalah HTML dan CSS.

Buat pemula saya sarankan...


Membuat website menggunakan wordpress

Sangat jelas dari pengalaman saya pribadi yang paling mudah dipakai dan di pelajari adalah wordpress, jadi kamu tidak usah bingung mau pilih platform yang mana pakai saja wordpress dan kamu tidak akan menyesal sama saran saya.

Di langkah kedua berikutnya, kita bakal belajar langkah-langkah memilih alamat website atau domain www dan memilih tempat yang cocok untuk menyimpan websitenya.

Di langkah ketiga, saya bakal tunjukin cara-cara yang perlu kamu tau mulai install wordpress dan cara memodifikasi wordpress website sampai jadi, pokoknya jangan pusing duluan karena saya bakal kasih langkah dan gambar-gambar detail biar gak bingung.

Kenapa kebanyakan orang pakai WordPress? 

Karena platform WordPress sangat itu LUAR BIASA!  Tapi yang paling penting adalah:

Gratis dan Opensource
Tidak di pungut biaya sepeser pun untuk nge-download, install, atau modifikasi. WordPress di dukung komunitas yang sangat besar dan kebanyakan semua kasih gratis jadi perkembanganya juga cepat.

Cocok Buat Pemula
Kalau kamu bisa pakai Microsoft Word berarti kamu sudah bisa bikin artikel di website. WordPress juga punya yang namanya plugin gratis, jadi kamu bisa bikin pooling, rating artikel, album foto, formulir kontak, dengan sangat mudah.

Bisa untuk Membuat Website Besar atau Kecil-kecilan
Dari yang cuma website blog biasa sampai ke bisnis oniline atau bahkan toko online WordPress kamu bisa menggunakan wordpress


PILIH NAMA DOMAIN DAN WEB HOSTING

Biar website nya online bisa di akses dimana-mana, cukup 2 hal:

  • Nama Domain (yaitu nama website kamu www.websitesaya.com)
  • Hosting (yaitu tempat dimana kamu bakal taruh semua file website kamu biar bisa di akses orang di seluruh dunia)

WordPress platform 100% gratis, tapi untuk nama domain dan hosting nya gak gratis jadi kita harus beli. Jangan kawatir biayanya gak mahal, harganya berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 60 ribuan per bulan (lebih murah lah dari harga coffe di starbucks, jd gak perlu bongkar tabungan).

Perlu di perhatikan bahwa hampir semua penyedia hosting mengharuskan kita membayarnya pertahun jadi jangan heran jika tagihanya untuk satu tahun karena hampir semua yang jualan hosting begitu dan ini sudah umum. Asumsi biaya website yang saya sebutkan di atas adalah biaya jika di bagi 12 bulan, kenapa membaginya perbulan? Saya ingin menekankan biaya yang harus di keluarkan untuk membuat webesite sendiri sebenarnya tidaklah mahal.


INSTALASI DAN MODIFIKASI WEBSITE


Kalau sudah beli domain dan hosting sebenarnya website kamu sudah bisa di akses online, cuma isinya masih kosong, kita perlu install wordpress nya.

Install WordPress

1. One Click Installation untuk wordpress, joomla atau drupal

Kebanyakan hosting yang bagus pasti menyediakan one click installation, maksudnya untuk install wordpress kita tinggal klik-klik saja.

Pada dasarnya semua caranya sama walau kamu beli hosting di tempat lain, caranya seperti ini:

1. Masuk ke hosting account
2. Cari Control Panel (cPanel)
3. Klik Softaculous Apps Installer  kemudian klik wordpress

Nah untuk tahap awal, cukup sampai disini, dan selengkapnya dapat langsung ke website rujukan saya di : http://www.caramembuatwebsite.org

1 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://jos.co.id/
    semoga sukses selalu :)

    BalasHapus