Header Ads

Kisah Inspiratif Jalan Hidup : Christopher Paul Gardner

Sumber Gambar : https://answersafrica.com/chris-gardner-homeless-multi-millionaire.html

Christopher Paul Gardner, lahir 9 Februari 1954 adalah seorang pengusaha Amerika, investor, pialang saham , pembicara motivasi , penulis, dan filantropis yang, selama awal 1980-an, berjuang dengan tunawisma sambil membesarkan anak balitanya bernama, Christopher Gardner Jr.

Kisah Inspiratif Jalan Hidup : Christopher Paul Gardner

Ia adalah CEO dari perusahaan pialang sahamnya sendiri, Gardner Rich & Co , yang didirikannya pada tahun 1987, yang berbasis di Chicago, Illinois hingga ia menjual bagiannya pada tahun 2006 dan mendirikan Christopher Gardner International Holdings. Kemudian pada tahun 2012, tepat sebelum kematian istrinya, dia menantang dirinya sendiri untuk menemukan kebahagiaan dan kepuasan sejati di sisa hidupnya. Dia bepergian ke seluruh dunia 200 hari setahun sebagai pembicara motivasi. Gardner telah berbicara di lebih dari 50 negara.

Awalnya kehidupan keluarga Chris Gardner sangat bahagia, ia dikaruniai seorang anak yang pintar dan rajin.  Kehidupan mulai berubah, setelah ia menemukan sebuah alat kedokteran canggih, dengan optimis ia menginvestasikan hartanya untuk memulai bisnis barunya.

Chris Gardner menjadi seorang salesman yang mencoba peruntungannya menjadi distributor alat kedokteran canggih keluaran terbaru. Dengan menggunakan seluruh uang tabungannya ia berusaha menginvestasikan dan memasarkan produk tersebut.

Namun sayang harga alat kedokteran tersebut dianggap terlalu mahal, sehingga membuat dokter-dokter yang ditemuinya banyak yang menolak untuk membeli alat kedokteran yang ia tawarkan. Alat tersebut merupakan alat untuk medeteksi kepadatan tulang, namun apalah daya, dimasanya, alat tersebut tidak begitu diperlukan. 

Sebenarnya ia berhasil menjual seluruh peralatannya, namun dengan jarang penjualan yang terlalu lama sehingga uang yang dihasilkan hanya habis untuk memenuhi tunggakan dan kebutuhan harian. Kondisi ini mebuat keuangan keluarga Chris terpuruk, tunggakan menumpuk dan tagihan silih berganti terus menghampiri. 

Bersama sang anak pria ini bahkan sempat tidur di toilet stasiun BART, setelah diusir pemilik rumah kontrakannya karena tidak mampu membayar sewa. Hampir 1 tahun ia dan anaknya menjadi tunawisma dan ditingal pergi istri tercinta. Istrinya berangkat ke kota New York berharap mendapatkan pekerjaan di restoran baru milik kakaknya.

Pertemuannya dengan seorang Pialang Saham, membuat Chris Gardner ingin merubah nasibnya, tentunya setelah melihat betapa mudahnya para pialang saham mendapatkan uang, dengan hanya duduk didalam ruangan ber AC. 

Tekatnya bulat untuk menjadi seorang Pialang Saham, dan untuk menjadi seorang Pialang Saham, ia harus untuk mengikuti masa magang atau pendidikan selama 6 bulan. Bukan hanya tidak mendapat uang selama kurun tersebut, Chris juga menghadapi berbagai kesulitan dan rintangan mengingat hanya 1 dari 30 peserta yang akan diterima. 

Terlepas dari tantangannya, Christopher Paul Gardner tidak pernah mengungkapkan keadaannya yang rendah kepada rekan-rekannya, bahkan Christopher Paul Gardner sempat meminjamkan uang ke salah satu atasannya sebesar  $ 5 untuk ongkos taksi. Jumlah yang sebenarnya cukup besar baginya. 

Kisah Inspiratif Jalan Hidup : Christopher Paul Gardner
Saat pengumuman hasil akhir magang, Christopher Paul Gardner dipanggil ke pertemuan dengan para manajernya. Salah satu dari mereka menceritakan saat itu Christopher Paul Gardner mengenakan kemeja, dan Gardner menjelaskan bahwa hari ini adalah hari terakhirnya dan berpikir untuk berpakaian terbaik untuk momen ini. 

Manajer tersenyum dan mengatakan dia harus mengenakan yang lain besok, dan mengabarkan bahwa ia telah diterima dengan hasil yang sangat memuaskan dan mengembalikan uang yang telah dipinjam sebelumnya sebesar $ 5.

Sambil menahan air mata, Gardner bersalaman dengan mereka, lalu bergegas ke tempat penitipan putranya untuk memeluk Christopher.

Kisah Inspiratif Jalan Hidup : Christopher Paul Gardner

Kisah kehidupan Christopher Paul Gardner telah dituliskan dan diterbitkan pada Mei 2006 dengan judul, The Pursuit of Happyness, dan difilmkan tahun 2006 dengan judul The Pursuit of Happyness, disutradarai oleh Gabriele Muccino dan dibintangi oleh Will Smith didasarkan pada buku tersebut.

Tidak ada komentar